Penyakit pada ayam serama biasanya akan menimbulkan masalah serius. Karena menurut pengalaman saya, penyakit pada ayam itu bisa menular ke ayam seramalainnya. Untuk itu langkah terbaik adalah dengan mencegah timbulnya berbagai penyakit ayam serama.  Harus diketahui bahwa fasilitas kandang yang kurang baik sangat berpengaruh pada kesehatan ayam serama, karena itu sangat ditekankan pentingnya menjaga kualitas kebersihan kandang, karena dengan itu maka ancaman virus dan bakteri bisa dihindari.

BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM

1. Kebersihan kandang
Berilah abu, pasir, tanah gembur kering, kulit padi atau bahan lain yang dapat menyerap air dari kotoran ayam. Letakkan dimana terdapat penumpukan kotoran ayam. Cara ini dilakukan dengan maksud mengurangi kelembaban atau air pada kotoran sehingga virus dan bakteri tidak akan berkembang.

2. Di dalam kandang usahakan udara dapat keluar masuk dengan bebas.
Kandang memiliki ventilasi atau saluran udara yang cukup. Dengan demikian udara. Cara ini dimaksudkan untuk ayam serama mendapat udara yang selalu baru dan dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. Namun kandang yang terlalu terbuka juga kurang baik karena bisa mengakibatkan ayam seramakedinginan terutama pada malam hari dan musim hujan.

3. Gantilah air setiap paling lama 2-3 hari sekali
Air harus dalam keadaan yang bersih dan bebas dari kotoran ayam. Biasanya kandang model litter akan rawan air kotor. Pastikan air selalu diganti. Air bersih akan mengurangi tersumbatnya hidung ayam karena biasanya ayam akan mencelupkan paruhnya sampai ke hidungnya. Dengan begitu penyakit dapat dicegah terutama infeksi pada pernapasanayam serama

BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN

4. Pisahkan ayam yang sakit
atau isolasikan ke tempat yang jauh dari ayam serama yang sehat. Mengisolasi ayam serama yang sakit akan memutus rantai penularan penyakit ayam karena ayam yang sakit biasanya akan mengeluarkan penyakitnya.
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: