Prospek bisnis budidaya ayam kampung petelur akan tetap cemerlang dari waktu ke waktu, permintaan terhadap telur ayam ini tidak pernah turun. Beragam metode dari berbagai buku panduan telah banyak memaparkan tips-tips dalam usaha peternakan ini namun secara prinsip semuanya memiliki petunjuk teknis yang sama. Kali ini penulis akan menampilkan Juknis tersebut secara sederhana. 

Pembuatan kandang:
Ayam kampung petelur cocok dibudidayakan pada kandang baterai dan postal. Kandang baterai sering juga disebut kandang sangkar, umumnya budidaya ayam petelur menggunakan jenis kandang ini. Kandang postal adalah kandang yang berbentuk pondok tertutup, biasanya pada lantai ditebar sekam. 

BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM

Biaya pembuatan kandang baterai untuk ayam kampung petelur sama saja dengan biaya pembuatan kandang pada ternak ayam ras petelur yakni berkisar 8 juta untuk 100 ekor ayam. Biaya tersebut tentu bisa diminimalisir dengan pemilihan bahan. Biasanya biaya awal untuk budidaya 100 ekor ayam kampung petelur sebesar 20 juta pada tahun 2014. 

Mungkin sebagai pemula kita akan merasa biaya itu begitu besar, disini perlu diingat bahwa kandang baterai dengan harga 20 juta tersebut bisa digunakan untuk 4 – 5 periode atau daya tahannya sekitar 5 tahun dengan perlakuan yang wajar. Pada usaha budidaya ayam petelur biasanya titik pulng pokok cukup singkat berkisar 1 – 2 tahun. Jadi tidak perlu khwatir dengan pengeluaran yang begitu besar di awal usaha.

Pemilihan bibit.
Khusus budidaya ayam kampung petelur sangat dianjurkan memilih bibit berupa ayam yang berumur 7 – 9 bulan, dengan kata lain kita akan memelihara ayam kampung betina yang sudah pasti bertelu. Pada umur 7 – 9 bulan tersebut biasanya ayam betina telah mulai bertelur (mengerami). Begitu juga dengan ayam jantan sebaiknya pilih ayam jantan yang berumur 1 – 1,2 tahun dan pastikan bukan ayam majir. 

Perbandingan jantan dan betina dalam budidaya ayam petelur ini adalah 1 : 6, artinya 1 ekor jantan untuk setiap 6 ekor betina. Jadi jika kita ingin memelihara 100 ekor ayam kampung maka pelihara jantang sebanyak 14 ekor dan betina sebanyak 86 ekor. 

Peralatan kandang
Peralatan kandang utama dalam budidaya ternak petelur ini adalah tempat pakan dan minum. Sedangkan mesin (mixer) pakan hanya dibutuhkan untuk ternak skala menengah keatas. Di dalam kandang juga sediakan tempat bertengger karena bertengger merupakan salah satu kebiasaan ayam kampung. Untuk pemeliharaan pada kandang postal sebaiknya sediakan tempat mengeram, ayam kampung lebih suka bertelur di tempat tertentu beda halnya dengan itik yang dapat bertelur dimana saja. 

Pakan 
Faktor produksi terbesar dalam budidaya ayam kampung petelur adalah biaya pakan. Untuk itu perlu bijak dalam penyediaan pakan ini, jika kita sepenuhnya bergantung pada paka pabrikan yang harganya sangat mahal tentu titik pulang pokok akan sulit dicapai dengan cept apalagi posisi laba. Di blog ini pernah dituliskann salah satu pakann alternatif untuk ayam kampung petelur dan telah teruji (diterapkan) dapat dilihat di sini. Selain itu berikut ini beberapa bahan pakan yang dapat digunakan:

Beras
Bungkil Inti Sawit
Bungkil Kacang Tanah
Bungkil Kedele
Bungkil Kelapa
Dedak Jagung
Dedak Padi
Ikan Asin
Ikan Rucah
Jagung
Menir
Polar
Sagu
Sorghum
Tepung Cangkang Kerang
Tepung Daun Lamtoro
Tepung Ikan
Tepung Kapur
Tepung Keong
Tepung Singkong

Pemberian pakan ayam kampung berdasarkan umur :
Untuk anak ayam kampung (DOC) Umur 0 – 1 minggu diberi pakan sebanyak 5 – 10 gram / ekor / hari

  1. Umur 1 hingga 2 minggu 10 – 15 gram/ ekor/ hari
  2. Umur 2 – 3 minggu 15 – 20 gram / ekor / hari
  3. Umur 3 – 4 minggu diberi 20 – 25 gr/ ekor/ hari
  4. Umur 4 – 5 minggu diberi 25 – 30 gr/ ekor/ hari
  5. Umur 5 – 6 minggu 30 – 40 gr/ ekor / hari
  6. Umur 6 – 7 minggu 40 – 50 gr/ ekor/ hari
  7. 7 – 8 minggu 50 – 70 gr/ ekor/ hari
  8. Selanjutnya sekitar 100 gr/ ekor/ hari hingga afkir

Penangana kesehatan
Untuk pencegahan datangnya penyakit maka kandang sebaiknya diberlakukan pengamanan berupa sterilisasi dan disinfeksisasi, artinya setiap orang dan barang yang keluar masuk kandang selalu disterilkan. Selain itu perlu dilakukan vaksinasi yang tepat dan terjadwal, berikut ini jadwal vaksinasi pada ayam kampung petelur:

BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
  1. Marek’s segera setelah menetas
  2. ND/tetelo, pada umur 3 hari, 3 minggu, 2-3 bulanan
  3. Vaksin Gumboro, umur 10 hari dan 28 hari
  4. Egg drop sindrom (EDS), umur 16 minggu (sebulan sebelum bertelur)
  5. Dan vaksin AI diberi bila diperlukan

Itulah tekhnis budidaya ayam kampung petelur secara umum yang bisa kami sampaikan, lebih dan kurang mohon maaf dan semoga bermanfaat. Silahkan sampaikan pertanyaan melalui form komentar.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: