Kendala utama dalam budidaya ternak ayam potong ada pada sistem pemasaran. Jika kita memelihara ayam broiler tentu saja jumlahnya minimal 100 ekor (standard isi 1 box DOC broiler). Hewan ternak ini tumbuh begitu pesat, pertambahan berat badan sangat cepat. Umur 30 hari berat badan seekor ayam broiler dapat mencapai 1 Kg lebih (siap dipasarkan). Jika pertumbuhan merata dan tingkat mortalitas 0% maka dari DOC 1 box anda harus menjual 100 ekor sekaligus pada masa panen. Bagaimana jika pemasarannya tidak ada sistem yang pasti, atau tanpa pelanggan? tentu saja anda akan kerepotan untuk menjual ayam tersebut sekaligus dalam sehari.

BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM

Perlu diingat bahwa biaya paling besar dalam budidaya broiler terletak pada biaya pakan, jika sehari saja anda terlambat dalam pemasaran maka harus mengeluarkan biaya pakan yang cukup besar. Oleh karena itulah hadir sistem kemitraan ayam potong. Dimana pada sistem kemitraan ini sistem pemasaran menjadi lebih terjamin karena dikelola dengan baik oleh pihak Inti. 

Dalam sistem kemitraan ada yang disebut sebagai inti (perusahaan inti); berkewajiban sebagai penyuplai DOC, pakan, dan obat-obatan ternak. Selain itu mereka juga menyediakan technical service untuk mendapingi peternak dalam membudidayakan ayam broiler serta menjamin pemasaran hasil budidaya. Sebagai peternak kita disebut sebagai plasma, adapun kewajiban plasma dalam kemitraan ayam broiler; menyediakan lahan, kandang dan memelihara ternak sesuai dengan petunjuk sistem budidaya ayam potong yang ditetapkan pihak inti. 

Saya mengatakan bahwa budidaya ayam broiler dengan sistem kemitraan ini lebih menguntungkan daripada kita melaksanakan usaha budidaya secara mandiri adalah karena:
  1. Sistem pemasaran lebih terjamin dengan harga kontrak
  2. Pemeliharaan menjadi lebih mudah karena kita didampingi oleh ahli yang dikirim pihak perusahaan inti dalam melakukan kegiatan budidaya.
  3. Harga panen broiler lebih stabil karena harga yang berlaku adalah harga kontrak.
Itulah keuntungan utama melakukan usaha budidaya ternak dengan sistem kemitraan. Jika kita melakukannya secara mandiri tentu saja pemasaran sangat bergantung pada banyaknya relasi yang kita miliki di pasar. Harga tergantung pada harga pasar, jika harga lagi naik kita bisa untung besar namun jika harga ayam lagi turun maka kita juga bisa rugi besar. 

Syarat kemitraan ayam broiler

Saat ini ada banyak perusahaan inti untuk budidaya ayam broiler, syarat untuk menjadi plasma sebuah kemitraan cukup beragam. Untuk menjadi gambaran, salah satu kemitraan ayam potong di daerah saya menetapkan syarat sebagai berikut:
  1. Plasma harus memiliki luas lahan dan kandang untuk budidaya broiler kapasitas 5000 ekor (minimal)
  2. Lokasi kandang dapat dijangkau dengan kendaraan roda 4
  3. Mengurus perijinan usaha peternakan sendiri
  4. Menandatangani kontrak.
Dari gambaran diatas saya yakin anda sudah memahami garis besar tentang usaha budidaya ternak broiler. Jika anda memiliki pertanyaan tentang kemitraan dan ingin berdiskusi sebelum mulai terjun ke investasi ayam potong ini silahkan hubungi kami melalui contact, atau bisa juga melalui form komentar halaman ini.

BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN

Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

12 comments:

  1. saya sedang mencari mitra (inti) untuk buka usaha ternak ayam potong, mohon dapat menghubungi saya di no 08111495927

    ReplyDelete
  2. Saya baru ingin memulai bisnis ternak ayam potong dengan kemitraan di daerah banyuwangi. Dimana saya bisa dapatkan perusahaan inti dan apakah mereka bisa kerjasama juga bantu kita untuk pembangunan kandang close house
    Sebab saya ingin ternak 10.000 ekor

    ReplyDelete
  3. Saya ingin pesan ayam sistem d.o
    Ada info untuk daerah bogor timur kecamatan tanjungsari_cariu
    Info ya atau hub saya di 0821-12340705
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. kira" butuh dana berapa u/ bngun kndang close kapasitas 5000 ekor
    u/ pralatan harus mnyediakan sndri/bisa dr kmitraan?

    ReplyDelete
  5. kira" butuh dana berapa u/ bngun kndang close kapasitas 5000 ekor
    u/ pralatan harus mnyediakan sndri/bisa dr kmitraan?

    ReplyDelete
  6. Tolong pak perusahaan inti bisa hubungin saya di 082237818002.saya sudah mulai berkecimpung di dunia ayam tapi saya menemukan kesulitan tentang ke mitraan.daerah kab probolinggo.ths

    ReplyDelete
  7. mohon info kemitraan/perusahaan inti di daerah yogyakarta, terimakasih. dapat menghubungi saya di 082122141997

    ReplyDelete
  8. Asallamualaikum..
    Saya dari dulu sangat tertarik sekali untuk mengeluti usaha peternakan tadinya saya i.gin mencoba secara mandiri,tetapi belum kesampaian sampai saat ini karna terkendala masalah biaya yang belum cukup,sekrang saya coba mencari modar bekerja ke luar negri untuk terjun ke usaha peternakan tetapi ya sama belum juga terpenuhi modalnya karna keperluan ini itu,.
    kalau bisa saya ingin coba terjun usaha secara ke mitraan,.
    Kalau luas tanah mungkin bisa lebih untuk kapasitas 5000 ekor,saya ingin rasanya mengikuti usaha beternak secara kemitraan..tolong tangapanya
    Saya dari lampung
    No hp,WA, 0989108049

    ReplyDelete
  9. hubungi saya sebagai mitra di 081334110550

    ReplyDelete
  10. Persaratan untuk memelihara ayam boileer

    ReplyDelete
  11. Persaratan untuk memelihara ayam boileer

    ReplyDelete
  12. Minta infonya untuk perusahaan inti di daerah Bogor utara segera! di bulan ini saya sudah mulai pembangunang kandang ayam kapasitas untuk 5000ekor bisa hubungi langsung ke no 0895365279732

    ReplyDelete