PEMELIHARAAN AYAM KAMPUNG ASLI / JOPER SISTEM CAGES atau KANDANG BOX

Metoda baru pemeliharaan ayam kampung asli / joper sistem cages kandang box ini saya realese setelah melalui pengamatan, pemikiran dan penelitian mendalam. Dengan sistem box cages ini peternak akan mendapatkan keuntungan lebih, karena ayam kampung dipelihara dalam luasan box terbatas, sehingga semua kehidupan ayam teratur, pakan teratur, persaingan teratur sehingga semua ayam mempunyai kesempatan tumbuh sama dan pada akhirnya pertumbuhan jadi lebih cepat dan berat badan rata.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM

Pada prinsipx ayam kampung mulai umur 1 hari dipelihara dalam kandang berbentuk bok dengan ukuran lebar 100 cm, tinggi kandang box 60~80 cm, panjang kandang sepanjang mengikuti panjang bangunan. Tinggi kaki kandang box dibuat 60 cm dari tanah. Panjang kandang diatur per set sepanjang 4 m dengan disekat jadi 2 bagian dengan @ 2 m / bagian. Setiap set kandang bisa dipasang secara seri (bersambung) sepanjang bangunan kandang da juga bisa diatur secara paparel (berjejer) menjadi pasangan berdampingan 2 baris.
Pada kandang cages bok ini pada bagian depan dipasang paralon 4” / 2 sebagai tempat pakan dan diatasx dipasang paralon 2,5” / 2 sebagai tempat minum. Pada ujung sebelah sini dipasang kran air masuk dan di sebelah ujung sana dipasang diatur pebuangan air minum.
Pemasangan tempat makan minum ini nanti dipergunakan pada saat ayam mulai lepas pemanasan umur 2 minggu. Kalau ternyata ayam tidak cukup tinggi untuk menggapai tempat air minum maka bisa dibagian belakang diberi ganjal bata merah agar ayam bisa naik meraih air minum.
Pada kandang sistem cages bok ini digunakan sebagai kandang brooder (pemanasan) waktu umur 0 ~ 2 minggu, kemudian langsung dipergunakan sebagai kandang pembesaran umur 3 minggu dst sampai masa panen. Pengaturan sbb :
  1. Pada saat masa brooder (pemanasan) diatur seperti sudah saya tulis di artikel lain. Dengan kapasitas brooder 50 ekor / m2. Setelah lepas pemanasan pada bagian samping penutup tirai dari terpal atau plastik dilepas. Pada lantai kertas semen dilepas sehingga kotoran bisa langsung jatuh ke tanah dibawahx. Kandang diatur diberi pengait sekat, sehingga pada nantinya bisa dipasangi sekat sehingga tiap set kandang ukuran 1 x 2 m bisa dikasih sekat menjadi 1 x 1 m jumlah 2 kotak per set kandang.
  2. Setelah lepas pemanasan kapasitas kandang mulai diatur agak dikurangi dengan aturan sbb :
    • Minggu ke 3 ~ 4 diatur : 25 ekor / m2
    • Minggu ke 5 ~ 6 diatur : 15 ekor / m2
    • Minggu ke 7 ~ 8 diatur : 10 ekor / m2
    • Minggu ke 8 ~ panen diatur : 6 ekor / m2.
  3. Pada saat ayam kampung mulai umur 4 minggu dan sudah mulai bisa dibedakan jenis kelamin jantan betina maka sudah mulai harus dipisah pisah sendiri sendiri antara kotak ayam jantan dan kotak betina.
  4. Dengan dipisah antara jantan betina dengan diatur pada petak tersendiri akan mmempunyai keuntungan sbb :
    • Ayam betina tidak kalah persaingan pakan sehingga akan bisa tumbuh cepat dan pada akhirx berat badan rata.
    • Kalau terjadi persaingan jantan betina, jelas yang betina akan kalah, dan bila terjadi kematian biasax yang betina karena kalah.
    • Dengan pengaturan petak beda antara jantan dan betina, maka pada ayam jantan akan bisa dipanen lebih duluan. Semisal untuk mencapai berat badan 1 kg maka jantan hanya akan memerlukan waktu 70 hari, sedang betina perlu waktu sekitar 80 hari.
  5. Dengan sistem cages box ini jauh lebih menguntungkan dari pada sistem litter. Karena semuax lebih teratur, terkontrol, melakukan program vaksinasi dan pengobatan pun akan lbih mudah
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN

Diharapkan para peternak ayam kampung pemula atau yang sudah lama bisa mengadopsi sistem baru cages bok yang saya release ini demi meningkatkan keberhasilan peternak.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: