Masalah Sosial yang Timbul


KANDANG AYAM MODERN : Cara alami menghilangkan bau kandang pastinya menjadi hal yang dicari oleh para peternak. Beberapa masalah sosial timbul di lingkungan peternakan adalah masalah bau kandang. Masalah performa ayam bisa diatasi dengan menggunakan bibit, pakan dan manajemen pemeliharaan yang baik. Tetapi bagaimana dengan masalah sosial yang melibatkan banyak orang atau masyarakat? Bayangkan, jika peternakan sudah didirikan dengan investasi yang besar tetapi di kemudian hari ternyata didemo warga sekitar? Tentunya hal ini menjadi sangat serius karena berhubungan dengan investasi yang besar dan kelanjutan usaha. Terkadang ada saja alasan penolakan dari warga masyarakat sekitar seperti bau yang tidak enak, mengganggu kesehatan, banyak lalat, merusak jalan dan sebagainya. Untuk itu, penanganan terhadap masalah sosial ini harus dicegah sejak dini sebelum usaha didirikan.



Protein Pakan Ayam Penyebab Bau Kandang


Kandang Ayam JoperDalam sistem beternak ayam mengurangi bau kotoran ayam dalam kandang ternak sangatlah penting dan bagi peternak janganlah sekali-kali mengacuhkan untuk hal ini. Kita harus tahu terlebih dahulu penyebab, kenapa ayam kita mengeluarkan kotoran dan berefek sangat bau. Nah hal ini harus kita pelajari terlebih dahulu.

Kotoran ayam yang keluar dan sangat bau biasanya disebabkan oleh beberapa aspek ; Pakan ayam sekarang banyak sekali yang beredar dengan keragaman kandungan nutrisi berupa protein yang berbeda-beda, ada yang berprotein 17% – 23%. Kandungan protein ini mempengaruhi kotoran ayam nantinya jika terkonsumsi oleh pencernaan ayam, hal ini disebabkan karena pencernaan ayam tidak dapat mencerna sempurna pakan tersebut, sehingga kotoran yang keluar dari ayam masih banyak mengandung protein. Protein inilah penyebab kandang ayam menjadi sangat bau.

Cara Alami Menghilangkan Bau Kandang Peternakan Agar Kandang Tidak Bau, Diantaranya :

Berikan ayam anda dengan bakteri pengurai protein, seperti probiotik. Probiotik biasanya berfungsi membantu menghancurkan protein dalam pencernaan ayam, sehingga protein yang terserap ke dalam metabolisme tubuh ayam akan sangat besar dan efek dari itu akan membantu untuk percepatan pertumbuhan ayam.
Micro Organisme buatan tradisional yang konon katanya sebagai jamu, itu juga merupakan salah satu probiotik yang berfungsi sebagai penghancur protein dan sebagai perangsang metabolisme ayam untuk makan lebih banyak, yang ujung-ujungnya juga berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan ayam.
Selalu menjaga kebersihan kandang. Dengan kandang yang bersih, bau lain yang dapat menyertai bau kotoran ayam akan berkurang dan dapat mencegah terjadinya penyakit pada ayam.
Menjaga agar pertukaran udara dalam kandang tetap baik sehingga kandang tidak lembab. Kandang yang lembab dapat menyebabkan bau yang tidak enak dan dapat mengganggu kesehatan ayam.


Cara Alternatif Mengurangi Bau Kandang


Selain cara tersebut di atas, ada cara lain yang dapat mengatasi masalah bau kandang, yakni dengan menggunakan kapur halus (bukan gamping) dan pasir kering. Bahan tersebut mudah diperoleh, apalagi di pedesaan, dan harganya cukup murah. Hal yang perlu dketahui adalah cara itu hanya dapat dilakukan pada kandang baterai, yakni kandang ayam yang dihuni ayam petelur. Berikut cara penggunaan kapur halus tersebut:

Menyiapkan kapur halus dan pasir kering secukupnya sesuai dengan luas lubang yang akan dibuat di bawah kandang.
Membuat lubang di bawah kandang dengan ukuran panjang dan lebar sesuai dengan kandang serta kedalaman sekitar 20cm.
Mengisi lubang tersebut dengan kapur halus atau pasir kering, atau campuran keduanya dengan perbandingan 1:1 sampai seluruh lubang terisi. Karena kolong kandang berisi kapur halus atau pasir kering campurkan kapur halus dan pasir kering. Kotoran yang keluar dari ayam akan jatuh pada tumpukan tersebut kemudian bercampur dengan kapur halus atau pasir kering. Proses ini akan membuat kotoran cepat mengering, sehingga akan menghilangkan atau mengurangi bau yang menyengat.

Mengganti kapur halus atau pasir dengan pasir kering atau campuran antara keduanya 2 bulan sekali tergantung pada banyaknya kotoran yang terkumpul.
Mengumpulkan campuran antara kotoran ayam dengan kapur halus dan pasir kering yang telah mengering. Kemudian campuran tersebut dipisahkan. Kotoran yang telah terpisah itu dapat digunakan untuk membuat pupuk kandang.

Nah, dari ulasan dan Tips Trik di atas, peternak tidak perlu lagi ketakutan akan adanya masalah bau kotoran yang menyengat. Namun pengawasan yang rutin tetaplah diperlukan supaya kandang tetap dalam kondisi yang ideal. Pemilihan kualitas pakan juga penting diperhatikan. Produk pakan kukila pantas menjadi solusi pakan ayam pedaging ataupun ayam petelur, karena telah teruji di kalangan peternak ayam. Hasil kotoran lebih kering, dan kotoran kering sama dengan tidak bau.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: